29.1.14

Kuching, merupakan ibukota Sarawak, salah satu negara bagian di Malaysia Timur (semacam ibukota Provinsi kalau di Indonesia). Negara bagian ini berbatasan langsung dengan Provinsi Kalimantan Barat, salah satunya dengan kampung halaman saya, Sambas. Tentu saja, berpergian dari Sambas menuju kota - kota di Sarawak termasuk Kuching tidak membutuhkan waktu terlalu lama. Lewat darat, perjalanan dapat ditempuh dalam waktu antara 5 - 12 jam (tergantung kondisi jalan dan jalur yang diambil). Kalau ingin lewat udara, sudah tersedia penerbangan langsung ke Kota Kuching dari Kota Pontianak, dengan pesawat Boeing milik maskapi Express Air dengan waktu tempuh sekitar 35 menit atau pesawat jenis ATR milik MASWings dengan waktu tempuh sekitar 45 menit. Harga tiket mulai dari Rp 500.000.

Jenis Pesawat ATR72-600 yang melayani penerbangan rute Kuching - Pontianak
Saya sendiri, belum pernah berpergian lewat jalur darat (beuuhhh, sombong hehe) karena dari berita yang saya dengar, jalan di daerah Sanggau rusak parah. Padahal, tujuan saya ke Kuching untuk menemani Mama yang akan berobat. Kalau dibawa lewat darat, bisa tambah sakit dibuatnya. :)).

Banyak orang Indonesia terutama dari Kalimantan Barat yang berobat ke Kuching, beberapa yang terkenal adalah KPJ Hospital, Normah Medical Specialist Centre dan C.S Ling Eye Specialist Centre. Selain karena jaraknya yang lebih dekat (dibandingkan harus ke Jakarta atau Bandung), pengobatan di Kuching dianggap lebih bagus dari segi pelayanan, ketepatan diagnosa dan kebanyakan yang berobat disana sembuh atau minimal mengalami perbaikan kondisi. Kalau Anda ke Kuching menggunakan pesawat, sangat mudah menemukan mereka yang tujuan berangkatnya adalah untuk berobat.

Salah Satu Pusat Perobatan Mata di Kuching yang dikenal bagus, Ijazah dan Sertifikat yang menyatakan Sang Dokter merupakan Anggota dari Asosiasi Dokter Spesialis Mata Malaysia dipajang di koridor klinik
Sejak bulan September tahun 2013, hampir setiap bulan saya dan mama rutin mengunjungi Kuching. Saya menyukai kota ini sejak pertama kali menjejakkan kaki disini. Kota nya bersih, tertata dan tidak sumpek seperti banyak kota yang ada di Kalimantan Barat. Di kota ini saya menemukan jalan raya yang lebar, mulus dan bundaran yang sangat besar. 
Kawasan Perumahan di Kuching, Sarawak. Type rumahnya sederhana, tapi jalannya lebar, dan tersedia area untuk parkir. di pinggir jalan. 
 Selama di Kuching, kami selalu menginap di tempat saudara, disediakan makan, transport dan lain - lain GRATIS. Akibatnya, saya dan mama tidak pernah tahu cost makan, transport dan penginapan di Kuching. Karena perasaan 'tidak enak selalu merepotkan', pada perjalanan awal Januari lalu, saya dan mama memutuskan untuk pergi diam - diam alias tidak memberitahukan saudara bahwa kami ke Kuching. Kami memutuskan menginap di hotel. Kawan Bapak merekomendasikan Laila Inn. Beruntung ada Google, saya jadi tahu kalau ternyata hotel ini adalah Budget Hotel yang cukup dekat dengan Waterfront Kuching dan juga Pusat Spesialis Mata yang akan kami datangi. Intinya, letak hotel ini sangat strategis, mudah belanja, mudah jalan - jalan, dan mudah ke tempat perobatan (termasuk ke Normah Medical Specialist).
Jika menggunakan taksi dari Kuching International Airport, harga kupon taksi ke Hotel ini adalah RM 26 dengan waktu tempuh sekitar 20 menit.

Yang ingin tahu lebih lengkap tentang hotel Laila Inn, silahkan lihat review hotel di blog Fatin disini.

Penampakan Laila Inn, Kuching. Tampak kusam sih, tapi menginap disini cukup nyaman.
Room Rate untuk Kamar double bed sekitar RM 69 
Urusan makanan, rata - rata kisaran harga makanan adalah RM 5-6 per porsi, dan di Kuching ini banyak banget yang namanya Ayam Penyet dan Nasi Ayam. Rata - rata warung nasi menjualnya. Kalau ingin mencoba makanan khasnya, ada Mee Kolok dan Laksa Sarawak. Saya paling suka Laksa Sarawak, Roti Canai dan tentunya Teh Tarik. Oh, iya di dekat Laila Inn ini ada satu Kantin yang selalu ramai saat sore hari, namnya Swee Kang Ais Kacang. Ada banyak cemilan dan minuman disini, sayang sekali saya selalu lupa memotret tempat ini. Saya belum pernah ke kantin itu, karena Mama lebih suka ke warung yang ada nasinya. 
makanan di Kuching, Sarawak
Setelah selesai dengan urusan pengobatan, kami masih punya waktu 1 (satu) hari sebelum kembali ke Pontianak. Saya memutuskan mengajak Mama jalan - jalan ke Museum Kucing dan Kuching Waterfront. Tentu ini kunjungan pertama saya, tapi kunjungan kesekian kali buat Mama yang memang sudah beberapa kali jalan - jalan di Kuching.

Museum Kucing atau Cat Museum of Kuching merupakan museum yang memuat koleksi beragam jenis kucing sampai kucing - kucingan (maksudnya sejenis hello kitty, doraemon, dan garfield hehehe). Museum ini juga berisi informasi tentang perkembangan fisik Kota Kuching, dan sejarah dinamakannya kota ini sebagai 'Kuching'. Museum ini buka dari pukul 09.00 - 17.00, dan masuk kesini gratis, kecuali bagi para pembawa kamera dikenakan biaya  RM 3 untuk mobile camera (kamera hp)dan RM 4 untuk digital camera (kamera saku).

Museum Kucing terletak di Dewan Bandaraya Kuching Utara, tidak jauh dari pusat kota Kuching




Miawww, Patung Kucing paling lucu buat saya :))
Koleksi Patung Berbagai Jenis Kucing
Ada Hello Kitty  di sini
Doraemon 
Sejarah Perkembangan Kota Kuching juga ada di Museum ini
Dari hotel, kami menggunakan taksi ke Museum ini. Katanya sih ada Bis Umum menuju kesini, tapi mempertimbangkan kondisi Mama, saya memilih menggunakan taksi dengan biaya RM 50 Pulang Pergi (sudah termasuk biaya taksi menunggu kami di parkiran, selama hampir 1 jam). 
Sebelah Kiri Mobil Berwarna Kuning: Taksi yang kami gunakan, sedang parkir di depan Gedung Dewan Bandaraya Kuching Utara
Dari Depan Gedung yang berada di kawasan perbukitan ini, kita bisa melihat Kota Kuching
(Foto seadanya, karena ga enak udah lama ninggalin supir taksi :D) 
Dari Museum Kucing, saya dan Mama melanjutkan perjalanan ke Kuching Waterfront yang tidak begitu jauh dari penginapan kami. Setelah bersantai dan makan siang di sana, kami kemudian kembali ke penginapan dengan berjalan kaki. Jarak yang kami tempuh berdasarkan perkiraan Google Maps sekitar 1,2 Km dengan waktu tempuh dengan kecepatan normal 16 menit. Tapi jalan kaki disini, tidak terlalu terasa jauh, karena selain melewati taman - taman yang menenangkan, kita juga akan melewati pertokoan (Market) dan Masjid Negeri Sarawak (semacam masjid agung kalau di Indonesia). 

Dewan Negeri Sarawak (Semacam Gedung DPRD), Arsitekturnya yang unik ini kata saudara saya bertujuan untuk menangkal ion negatif  (aura negatif mungkin maksudnya) masuk di Dewan. Jadi anggota dewan bisa pada kerja yang bener buat rakyat kayaknya :)
Kuching Waterfront, ada water taxi juga buat mengelilingi Sungai Sentubong, jadwal perjalanannya pukul 10.00 dan 17.00
Sisi Lain Waterfront dengan kios - kios Pedagang Kaki Lima yang bersih banget
Lunch di Meeting Point. Kami membeli Nasi Lemak (semacam Nasi Uduk), Tahu Goreng dan Air Kelapa Muda di salah satu kios PKL dekat Meeting Point.  All for RM 9.5.
Mama' lagi nungguin saya beli rujak sambil duduk di kursi taman di Waterfront. Dalam perjalanan pulang, kami jajan macam - macam dari gorengan sampe rujak buah. 

Salah Satu Sisi Waterfront yang jadi tempat nongkrong Anak Muda Kuching, mau ada live music di lapangan ini, tapi tiba- tiba turun hujan
Salah satu taman yang kami lewati di Jalan Gambir (dalam perjalanan kembali ke penginapan)
Persimpangan Jalan Main Bazar (Waterfront), Ruko di depan ini kebanyakan menjual Kue Lapis yang merupakan oleh - oleh khas Kuching, Sarawak (samalah seperti Sambas dan Pontianak, Kalimantan Barat)
Pertokoan Tua di Jalan Gambir, Jalannya cukup sempit (mirip Pontianak) dan tidak ada tempat parkir. Tapi, saya suka jalan ini (yang hitam diatas langit itu, adalah sekumpulan burung yang sedang berterbangan)
Tandas Umum : WC/ Kamar Mandi Umum. Di waterfront dan sekitarnya, juga di dekat market sangat mudah menemukan toilet umum seperti ini, cukup membayar 20 sen saja untuk menggunakan fasilitas umum yang cukup bersih ini. Oh ya, biasanya di toilet umum seperti ini, ada stiker yang menunjukkan Grade/ Kelas toilet yang akan kita gunakan. Selama ini saya dan mama selalu ketemu dengan toilet bergrade bintang 3 :)).  Sayang saya lupa memotret stikernya. 
Pasar di Jalan Gambier, kalau tidak salah ingat ini Indian Market
Masjid Negeri Kuching, sekitar 300 m dari penginapan kami. Halaman depan masjid ini adalah kuburan. 
Mama sedang berjuang menyelesaikan perjalanan 'kaki' nya. Semangat Mama!
Tips: 
  1. Saat memesan makanan, orang Indonesia biasanya selalu memesan minuman Teh Es. Di Kuching, Teh Es  disebut Teh O. Saya pernah memesan dengan menyebutnya ice tea, terus saya dikasi es dan teh secara terpisah -__-'
  2. Bagi Anda yang kebetulan mendampingi saudara atau orang tua untuk berobat atau menjalani operasi di Kuching, kalau memungkinkan ada baiknya menyempatkan jalan - jalan di waterfront. Lumayan untuk mengurangi tension pesakit sebelum atau sesudah operasi. Mama saya mengatakan, ia merasa senang dan lebih nyaman setelah berjalan - jalan di Kuching Waterfront. Padahal sebelumnya, ia selalu merasa takut dan tertekan setelah pengobatan matanya. 
Begitulah cerita perjalanan saya di Kuching, semoga ada bisa jadi sumber yang membantu melengkapi referensi Anda untuk merencanakan perjalanan ke Kuching. 

-salam hangat Tiech-


9 comments

assalamualaikum... wah, baru tau nih kalo ada link blog saya di sini,... makasih yaa.... ;-)

REPLY
This comment has been removed by a blog administrator.

Assalamualaikum. Selamat dtg ke Kuching. Rupanya kuching ni banyak tempat untuk berubat. Semoga ibu saudari cepat sembuh.

REPLY

Laila Inn terletak di Jalan Ajibah Abol. Kampung Bintangor. Kampung ku. Namun ramai yang tidak tahu. Majority asal kampung ini juga dr Sambas.

REPLY

Laila Inn terletak di Jalan Ajibah Abol. Kampung Bintangor. Kampung ku. Namun ramai yang tidak tahu. Majority asal kampung ini juga dr Sambas.

REPLY

@Watie: thanks ya info blognya sangat membantu.
@ Duta: terima kasih. :)
@Ahmad Viya: oh iya kah? saya baru tahu kalau disana banyak dari Sambas juga. terima kasih infonya.
Terima kasih semua yang sudah berkunjung ke blog ini. :D

REPLY

Assalamualaikum.

Pusat Rawatan Uswatun Hasanah berpusat di Kuching, Sarawak yang diasaskan oleh Ustaz Ismail insyaAllah dapat merawat penyakit-penyakit kronik seperti sakit jantung, darah tinggi, barah, kencing manis, buasir, lemah tenaga batin, resdung, batu karang, ketagihan dadah & rokok serta penyakit-penyakit misteri yang tiada diketahui puncanya seperti gangguan makhluk halus, terkena buatan sihir, masalah rumahtangga dan sebagainya.

Kami juga juga menawarkan perkhidmatan terbaik dan dijamin berkualiti yang dapat dilakukan secara dekat di pusat kami atau di tempat tinggal anda serta jarak jauh bergantung kepada permasalahan anda:

1) Rawatan Bekam
2) Rawatan Akupuntur
3) Rawatan Refleksologi dan Urut
4) Rawatan Islam dan Alternatif
5) Solusi Masalah Rumah tangga, hubungan, anak, tempat kerja, perniagaan dan sebagainya
6) Rawatan penyakit kronik
7) Rawatan penyakit ghaib

Kami juga menawarkan pelbagai kursus dan ilmu untuk dipelajari. Dijamin menepati syariat Islam dan tiada yang bertentangan dengan syariat Islam.

Kami juga menyediakan solusi kepada pelbagai masalah seperti masalah rumah tangga, keluarga, hubungan, masalah jiwa, tempat kerja, perniagaan dan sebagainya.

Kami juga dapat merawat pelbagai penyakit kronik seperti sakit jantung, darah tinggi, barah, kencing manis, buasir, lemah tenaga batin, resdung, batu karang, ketagihan dadah & rokok serta penyakit-penyakit misteri yang tiada diketahui puncanya seperti gangguan makhluk halus, terkena buatan sihir dan sebagainya.

Kami juga menawarkan SCAN JARAK JAUH PERCUMA masalah dan penyakit anda hanya melalui panggilan telefon.

Peringatan:
Kami tidak menggunakan sebarang helah atau penipuan, tidak menggunakan ilmu hitam, kuasa ghaib, perantaraan jin, khadam, iblis & syaitan, azimat, tangkal atau bantuan daripada unsur-unsur luaran lain. Tiada amalan berbentuk khurafat dan setara dengannya serta tidak melibatkan perkara-perkara yang boleh merosakkan aqidah (Syirik) dan tidak bercanggah dengan syariat Islam.

“InsyaAllah, kita berusaha mengikut cara sunnah Nabi Muhammad S.A.W dan berdoa diberi kesembuhan kerana Allah yang menyembuhkan segala penyakit, hanya cara Nabi yang mendapat kejayaan ”

Sila hubungi pada bila-bila masa:

http://www.uswatunhasanah.com
http://pusatrawatanuswatunhasanah.blogspot.com

Ustaz Ismail - 0134876166 | 01132363113
Facebook personal Ustaz Ismail - https://www.facebook.com/ustazismail.binmohamad
Facebook page Pusat Rawatan Uswatun Hasanah - https://www.facebook.com/PusatRawatanUswatunHasanah

Alamat Pusat Rawatan Uswatun Hasanah:
No. 7, Tingkat 1, Jalan S2-D38, Sublot 8, Lot 13594, Jalan Semarak, Petrajaya, 93050, Kuching, Sarawak.

REPLY
This comment has been removed by a blog administrator.

Perknalkan nama...Saya muhammad asep yang kemarin OM brikan Nomer 3D,Saya asal dari medan.Kerja jadi Tkw Di Jeddah, mau mengucapkan banyak trimakasih kpd OM AGUS sdh membantu kami melalui angka KL 3D keluaran 130 allahamdulillah benar-benar meledak akhirnya dapat BLT Rp.96jt, sesuai niat kami kemarin OM, klo sdh tembus, kami mau pulan kampung buka usaha & berhenti jadi tkw, kapok om dpt siksaan trus dari madam,sekali lagi trimakasih byk OM saya tdk bakal lupa seumur hidup saya atas batuan & budi baik om terhadap kami. Bagi teman2 tki & tkw yg lagi kesusahan/ingin pulang kampung tdk ada ongkos, dan keadaannya sdh kepepet, sdh tdk ada jalan lain lg.kami temukan solusi yg tepat akuratt & trpercaya banyak yg akui ke ahliannya di internet/facebook dengan jaminan tdk bakalan kecewa,jelas trasa bedahnya dengan peramal yang lain, OM AGUS sdh membantu puluhan tki & tkw termasuk kami yg dibrikan motipasi sangat besar,demi allah ini kisah nyata kami yg tak terlupakan dalam hidup kami om sekali lagi trimakasih byk sdh membantu kami. Jika anda merasa sulit menang LOTTERY/TOTO dll. silahkan join dengan OM AGUS siapa cepat dia dapat, TERBATASI penerimaan member...!!!wajib hanya 5 member bisa diterimah dlm 1x putaran. Langsung call OM AGUS Di +6285397766615

REPLY

miscellaneous . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates