Sunday, May 4, 2014

Teh Kayumanis, Enak dan Bermanfaat

Teh + Kayumanis, menghangatkan
Beberapa minggu yang lalu, saya membuat teh kayumanis + apel Fuji yang katanya berfungsi meningkatkan metabolisme. Karena rasanya yang kurang enak, saya iseng mencampur kayumanis dengan teh. Begini cara membuatnya:

  • ambil satu ruas kayu manis berukuran 5 cm - 10 cm
  • masukkan dalam gelas bersama dengan teh hitam
  • seduh dengan air mendidih, diamkan selama 5 - 10 menit (untuk teh hitam, cukup seduh 3 menit saja, atau sesuai dengan tingkat kepekatan yang diinginkan. 

Pertama kali saya minum teh + kayumanis ini saya sedang merasakan nyeri haid yang hebat, batuk pilek dan sedang dingin sekali karena sedang turun hujan. Sesaat setelah meminumnya, saya merasa lebih nyaman dan hangat. Hanya beberapa hari setelah rutin mengkonsumsinya, saya baru sadar, nyeri haid yang biasanya bertahan selama 3 hari samasekali tidak terasa, bahkan batuk pilek yang menyerang saya mulai mereda.

Tidak lama, saya diminta kakak saya yang saat ini sedang melanjutkan kuliah Farmasi untuk membantunya merapikan laporan tugas kelompoknya sekaligus memperkaya tinjauan teori tentang kayumanis. Dari situlah saya akhirnya mengetahui, bahwa teh kayu betapa kayu manis ini punya banyak manfaat yang sama sekali tidak pernah saya bayangkan sebelumnya. Karena setahu saya, kayumanis ini rempah andalan mama saya untuk membuat semur :)).
Berikut ini beberapa manfaat kayumanis yang saya baca dari berbagai sumber:


1. Menghangatkan Tubuh dan Meringankan Flu
Kayu manis mengandung zat yang membuat tubuh lebih hangat dan biasanya digunakan pada pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Kandungan anti-inflamasi-nya membantu mengalirkan sirkulasi peredaran dalam tubuh sehingga perlahan flu pun bisa membaik, dan sembuh.
2. Mencegah Penggumpalan Darah
Kayu manis mengandung Cinnamaldehyde, yang dapat mencegah darah menggumpal. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini kemudian mengurangi radang dan penggumpalan darah.

3. Anti Bakteri, Anti Infeksi dan Pengawet Alami
Minyak alami dari kayu manis juga bisa mencegah pertumbuhan jamur dan bakteri pada tubuh. Karena kemampuan anti-bakteri dan mikroba ini, peneliti bahkan menjelaskan bahwa kayu manis bisa digunakan sebagai pengawet makanan tradisional yang alami.Kandungan anti infeksi dalam kayu manis dapat membantu tubuh melawan sariawan dan beberapa penyakit lain yang disebabkan oleh bakteri H. plyiori.

4. Menurunkan Kolesterol 
mengurangi kadar kolesterol LDL. LDL juga dikenal sebagai kolesterol berbahaya. Berkurangnya kolesterol buruk ini membantu mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

5. Membantu Mengontrol Gula Darah
kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

6. Membantu Menyeimbangkan Hormon
Kayu manis mengandung zat kimia alami yang disebut cinnamaldehyde, studi menunjukkan kayu manis dapat meningkatkan hormon progesteron dan menurunkan produksi testosteron pada wanita, membantu menyeimbangkan hormon.

7. Anti Kanker
Penelitian di University of Texas, yang diterbitkan dalam jurnal Nutrition and Cancer, menunjukkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker, baik untuk pencegahan kanker dan mengobati penderita penyakit kanker.

8. Membantu proses metabolisme tubuh
Kayu manis juga mengandung beberapa nutrisi seperti mangan, kalsium, serat dan iron yang mana adalah nutrisi yang dibutuhkan tubuh untuk proses metabolisme.


9. Meringankan Nyeri Haid
Penelitian telah membuktikan manfaat kayu manis dalam mengurangi nyeri akibat menstruasi sekaligus memperbaiki kesuburan seseorang

Sumber:
http://www.merdeka.com/sehat/6-manfaat-mengejutkan-kayu-manis.html
http://health.kompas.com/read/2013/09/05/0946342/5.Manfaat.Kayu.Manis.untuk.Perawatan.Tubuh
http://wolipop.detik.com/read/2012/01/28/110430/1827776/1135/7-manfaat-kayu-manis-bagi-kesehatan

Bagikan

Jangan lewatkan

Teh Kayumanis, Enak dan Bermanfaat
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.