3.5.17

Setiap orang punya cerita. Tapi tidak semua cerita dikisahkan dalam lisan maupun tulisan. Seringkali itu cerita yang menyakitkan. Bisa jadi penderitaan yang disimpan dalam senyuman.

Kadangkala, di dunia ini kita senang memberi makan emosi jiwa. Merasa menjadi hamba paling menderita. Padahal, begitu tahu apa yang sebenarnya dihadapi, ada pilihan untuk bahagia. 

Ada harga yang harus dibayar, untuk setiap pilihan tentunya. Rasa sakit mungkin tak dapat dihindari, tapi menderita karenanya adalah pilihan sendiri. Bila mengambil sudut pandang sebagai orang bertanggungjawab, sakit itu menjadi pelajaran. Bahwa ada sesuatu yang barangkali tidak efektif dilakukan. Sehingga nanti bila bertemu masalah serupa di masa depan, sudah tahu pilihan seperti apa yang akan dilakukan. 

Menderita menjadi pilihan. Perlu dibayar dengan waktu yang terbuang. Untuk merasakan kesakitan, menangis, menyesal, mengutuk diri sendiri, dan mungkin merasa menjadi korban. Energi habis hanya untuk menikmati penderitaan. Padahal energi yang sama, bisa dihabiskan untuk bergerak menuju kebahagiaan. 

Jadi, pilihan apa yang kau ambil hari ini, Kawan? Diam dalam penderitaan, atau bergerak dalam kebahagiaan.

Tiech

#30DWCJilid5

#day28

miscellaneous . 2017 Copyright. All rights reserved. Designed by Blogger Template | Free Blogger Templates