Menghemat Air ala Mama


Waktu kecil dulu, air bersih dari PDAM di rumah kami tidak selalu mengalir 24 jam. Kalau pun ada, airnya masih membawa sisa-sisa lumpur. Sehingga selalu perlu diendapkan sebelum digunakan. Berbeda dengan kebanyakan orang di Pulau Jawa, di kampungku jarang sekali orang menggunakan sumur. Hal ini karena kondisi tanah yang asam membuat kualitas air pun tidak bagus. Kebanyakan orang di kampungku, lebih memilih menampung air hujan di dalam tempayan atau pun drum.

Karena kondisi sulit air inilah, Mama selalu mengajariku menghemat air. Kalau ada bak yang sampai meluber karena aku lupa mematikan keran, sudah pasti omelan panas mendarat di telinga. Dulu, aku menganggap apa yang Mama lakukan, juga dilakukan oleh orang lain. Sampai akhirnya aku merantau, dan baru sadar bahwa ibuku itu sangat hemat air. Bahkan bisa dikategorikan masuk pada gaya hidup ramah lingkungan. Apa saja yang beliau lakukan? 

1. Air cucian beras untuk menyiram tanaman
Dulu, Mamaku selalu menyiapkan satu ember khusus. Untuk menyimpan air bekas mencuci beras. Air itu lah yang ia gunakan untuk menyiram kebun dan bunga-bunga di halaman depan. Katanya, airnya cukup menyuburkan tanaman dan bunga kesayangannya.

2. Gunakan kembali air deterjen bekas mencuci dan membilas pakaian 
Mama tidak pernah langsung membuang air bekas deterjen untuk mencuci pakaian. Biasa ia gunakannya untuk merendam kain pel yang sangat kotor. Sering pula ia gunakan untuk menyikat lantai kamar mandi, atau lantai dapur terbuka di belakang rumah kami. Prinsip mama bukan sekedar sayang air, tapi juga sayang deterjen. 

3. Mencuci piring dengan menampung air di bak/baskom
Mama mengajariku mencuci piring dengan membilasnya pada bak berisi air. Setiap piring dan gelas harus dibilas dua kali. Menurut Mama, mencuci dengan langsung mengucurkan air keran, menghabiskan lebih banyak air dibanding dengan menampungnya di bak terlebih dahulu.  Awalnya aku tidak percaya. Namun, di sebuah eco camp di Kota Bandung, kami diajak mencuci piring dengan cara yang diajarkan Mama. Ternyata Mama benar, hehe.

Begitulah tiga tips menghemat air ala Mamaku. Semoga berguna.

#Day24
#30DWCJilid7
#Squad8

Share:

No comments: