Tuesday, June 26, 2012

Zona Nyaman

Hari ini, dari 7 (tujuh) target capaian kerja, kegiatan dan aktivitas saya, ada satu yang tidak saya selesaikan. Ini tentang target review dokumen, saya kira besok saya bisa kejar dengan kecepatan kerja 2x lipat dari kemarin. 

Tidak tercapainya target ini, tidak membuat saya tertekan, karena memang ini bukan pekerjaan mendesak. Lagipula ada satu pekerjaan yang lebih mendesak dan prioritas dan sudah  saya selesaikan melebihi target yang saya tentukan untuk hari ini.
Ya, terkadang dalam bekerja, target itu tidak selalu dapat tercapai sesuai rencana, namun pekerjaan prioritas lah yang perlu diselesaikan (halah ngomong apa saya ini #ga nyambung dengan judul) :) hehe.

Baiklah, mari kita kembali ke judul: Zona Nyaman. Seorang teman pernah berkata: 'menurut saya tidak salah kita memilih berada dalam zona nyaman. buat apa ikut- ikutan meninggalkan zona nyaman bila kita tidak paham esensinya'. Saya setuju dengan pendapat ini, tapi faktanya saya tidak selalu memilih berada pada zona nyaman. Perlu saya tergaskan, zona nyaman yang saya maksud disini adalah kondisi dimana saya sudah terbiasa dan sudah bisa beradaptasi dengan kondisi lingkungan sekitar saya tanpa perasaan tidak nyaman dengan orang maupun kondisi sekitar saya. 

Buat saya zona nyaman adalah ketika saya dapat bekerja secara harmoni dengan orang - orang disekitar saya tanpa ada perasaan tidak suka. Ketika saya dapat berdiskusi dengan banyak orang. Ketika ruang gerak saya tidak terhambat oleh hal - hal kecil. Ketika situasi dan kondisi kerja sesuai dengan yang saya harapkan. Singkatnya, zona nyaman bagi saya adalah ketika semakin banyak tantangan kerja yang berkurang. 

Lantas, masalahanya apa? Nope, tidak ada masalah bahkan ini menyenangkan dan membuat stress dalam hidup berkurang. Hanya saja kondisi ini berpotensi besar membuat saya jenuh dan produktivitas menurun.Lagipula, saya ini seperti kutu buku loncat (emang ada ya?), saya ingin belajar dari satu temat ke tempat lain. Ada saaatnya saya akan kembali mengabdi untuk pembangunan Sambas. 

Apa saya ingin keluar dan berhenti kerja dari sini? Tidak juga. Saya masih punya satu misi, yakni menyusun dokumen strategi pembangunan permukiman untuk Kabupaten Sambas (my hometown). Dan atas nama misi itu saya bertahan hingga akhir tahun ini. 

Tahun 2013? Saatnya perubahan baru, saya sudah siap untuk tantangan baru dan cerita - cerita menarik yang baru untuk hidup saya.

Tapi, apapun itu. Saya senang hari ini. Alhamdulillah dengan kuasa Allah saya bisa bekerja 95 % sesuai dengan rencana. Saya juga senang karena saya bisa melawan kemalasan diri untuk tidak menulis di Blog ini atau untuk tidak membaca buku hari ini. 

Saya belajar satu hal lagi hari ini: 
berhasil melawan kemalasan + berhasil melawan ketakutan = lapang dan senang hati :)

Baiklah, sampai disini saja untuk hari ini.

Oh ya, ini memang tidak nyambung dengan judul. Tapi zona nyaman mungkin juga bermakna saya bisa sarapan ini setiap hari. hehehe.


Salam hangat, tiech

Bagikan

Jangan lewatkan

Zona Nyaman
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.