Wednesday, July 26, 2017

Aku Rindu!

Selepas kemarin menulis tentang rindu, perasaanku masih belum beranjak dari rasa itu. Malah dilanda perasaan rindu pada kawan-kawanku yang ada di seberang pulau ini. Pada teman-teman kuliah S2 dulu, kawan di indekos, kawan-kawan alumni SIAware, kawan-kawan semasa eSTe, dan banyak kawan lainnya. Kawan-kawan yang menjadi teman berjuang bersama, membantu dan menebar manfaat bagi banyak orang.

Malam tadi kukirim pesan pada beberapa kawan. Mengatakan bahwa aku rindu. Kubuka folder berisikan foto-fotoku bersama mereka. Lalu menyadari, betapa aku telah berkenalan dengan banyak orang beberapa tahun terakhir ini. Betapa sudah banyak hal-hal baru yang kulakukan bersama mereka. Orang-orang istimewa yang telah membersamai perjalanan kehidupanku. Mengisi momen-momen yang kini kusadari sebagai momen sangat berharga. Yang memberikanku banyak pembelajaran kehidupan.

Lalu rinduku menjalar pada hal lainnya. Aku tiba-tiba merindukan masa-masa sekolah di magister Perencanaan Wilayah dan Kota, masa-masa studio, masa-masa training, persiapan community service, kepanitiaan training, menjadi relawan, bahkan sekedar bertemu dan membincangkan kehidupan bersama mereka.  Walaupun sebenarnya, ada banyak hal menyakitkan dan tidak menyenangkan yang kualami selama masa - masa itu. Akan tetapi, kusadari, semua ketidaknyamanan itu telah membentuk aku, dan memberikan hasil yang memang kuharapkan. Semua perjalanan dengan ketidaknyamanan itu disertai Allah dengan segenap kegembiraan. Kegembiraan berkenalan dengan banyak orang, dapat membantu banyak orang, juga menemukan kembali mimpi dan tujuan hidup yang sempat terkubur takut. Dari masa-masa suram itu pula, membawaku pada perjalanan spiritual yang tak sudi kutukarkan pada apapun. Perjalananku menemukan Allah, bertahan hanya berharap kepadaNya, dan menemukan ketenangan yang selama ini aku cari.

Kini aku sudah tinggal berjauhan dengan kawan-kawanku ini. Kali ini terasa sangat jauh. Karena aku sudah kembali ke rumah orang tua. Tak lagi satu tanah dan satu pulau dengan kebanyakan dari mereka. Meski kini teknologi dapat mendekatkan, namun bagiku rasanya tak lagi sama. Aku tak bisa tiba-tiba mengatur janji, dan mengajak mereka bertemu. Semua mesti diatur jauh-jauh hari. Kini pun aku kembali, pada tempat kelahiran. Tempat lama namun terasa baru. 

Kawan-kawan istimewaku dan momen berharga bersama mereka sudah berlalu. Meninggalkan jejak pada wishlist yang kini berubah menjadi 'done list' di buku catatanku. Kini aku siap melangkah lagi. Di tempat ini. Tanah dimana aku menuliskan cita-citaku. Dan di sini pula akan kuwujudkan mimpi-mimpi itu. Berbekal doa, ridho Alah, dan pembelajaran yang kudapat bersama kalian, hai teman.

Dan hai kalian, aku Rindu!

#myFabulous30
#Day20
#30DWCJilid7
#Squad8
Precious Moment with Friends

Bagikan

Jangan lewatkan

Aku Rindu!
4/ 5
Oleh

Subscribe via email

Suka dengan artikel di atas? Tambahkan email Anda untuk berlangganan.